Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
Lihat Trolley dan Bayar
Lanjutkan Belanja
Kategori

Follow Us
  • Youtube_Pok Ame Ame
  • FB_Pok Ame Ame
  • IG_Pok Ame Ame

Anak Belajar Jalan : Alternatif Baby Walker

Exersaucer

Banyak ibu bahkan mengakui bahwa kebutuhan baby walker bukanlah soal melatih anak berjalan. Menempatkan anak sejenak di dalam baby walker artinya memberikan waktu pada sedikit untuk bersantai. “make them busy by their own joy” itulah yang diberikan baby walker.

Adanya sedikit waktu bebas dari keharusan menggendong si kecil amatlah dibutuhkan. Masih ada pakaian yang harus dicuci, makanan yang harus dimasak atau sekedar bersantai sejenak untuk menikmati secangkir teh. Munculnya isu keselamatan pada baby walker konvensional (bomba) tidak lantas membuat produsen mainan kehabisan akal. Sebagai alternatif pilihan diluar bomba munculah jenis mainan yang disebut Exersaucer.

Berbeda dengan baby walker, exersaucer memungkinkan bayi untuk belajar berdiri, melompat, berputar dan berjalan namun tetap berada di satu tempat. Sehingga kemungkinan anak terjatuh atau terpentuk sesuatu bisa dihindari. Berikut adalah tahapan exersaucer berdasarkan usia : 

 

  • Bounce Baby (4-8 bulan)

Permainan ini cocok untuk si kecil mulai dari usia 4 bulan. di usia ini si kecil mulai aktif menendang-nendang. Pijakan lembut membuat si kecil nyaman. Kursi yang bisa berputar 360 derajat membuat sikecil bebas memainkan semua mainan di sekeliling badan mereka. Aktifitas ini akan membuat si kecil bergerak aktif dan sangat sibuk.  Selain terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan, ketinggian pijakan kaki juga bisa diatur dengan mudah.

 

  • Jumperoo (6-10 bulan)

Sedikit berbeda dengan bounce baby, jumperoo menawarkan keceriaan lewat lompatan yang lebih menantang bagi si kecil. Berada di dalam jumperoo membuat si kecil bisa melompat secara alami. Otot kakinya pun semakin kuat dan bersiap untuk berjalan karena dia bisa menendang dan menghentakan kakinya langsung ke lantai. Jumperoo biasa diperuntukan bagi anak 6 bulan ke atas.  Seperti juga bounce baby, jumperoo juga menawarkan berbagai permainan di sekitar badan anak, si anak cukup berputar 360 derajat untuk bisa menikmati semua permainan. Umumnya, tinggi badan maksimum anak untuk bermain permainan ini adalah 81cm dan berat badan maksimum 11Kg.

 

  • Around We Go (9-18 bulan)

Station yang satu ini agak berbeda dengan 2 model di atas. Exersaucer yang satu ini dilengkapi roda yang bisa membuat anak anda berkeliling meja yang dipenuhi dengan mainan. Kali ini, anak andalah yang mengelilingi mainannya. Tapi tidak perlu khawatir, karena mereka hanya bisa bermain mengelilingi meja tanpa bisa kemana-mana lagi. Around We Go menawarkan fasilitas bagi anak untuk bisa belajar berjalan mengelilingi meja sambil melatih motorik halusnya. Permainan yang ditawarkan adalah meja aktifitas yang sangat lengkap, mulai dari piano, teether, hingga wadah makan finger food. Around We Go biasanya baru dipakai sekitar usia 9 bulan ketika anak sudah mulai kuat berdiri.

 

Push Walker (12 bulan ke atas)

Push walker adalah sarana belajar berjalan bagi anak yang membuat anak melatih otot kaki dan punggung secara alami. Bayi harus menjaga keseimbangannya sendiri saat berjalan. Push walker disarankan bagi bayi yang sudah lancar merangkak. Biasanya bayi sudah bisa berdiri sendiri walaupun belum sempurna (sering jatuh). Bayi yang sudah mulai merambat atau berpengangan pada benda lain juga sudah bisa diberikan alat ini.

Orang tua harus memperkenalkan telebih dulu cara menggunakan alat ini. Berdirikan bayi sambil dipengang. Pandu tangannya berpegangan, kemudian perlahan pandu mereka berjalan dengan bertumpu pada pengangan baby walker.

Alat ini dinilai lebih efektif untuk melatih kemampuan anak berjalan. Alat ini memberi kesempatan pada bayi untuk berdiri sendiri. Kepercayaan dirinya tumbuh, karena alat ini membuat dia merasakan proses dari berdiri dari posisi duduk.

 

Apakah kita harus memiliki semua mainan diatas?

Stimulasi sangatlah dibutuhkan untuk membantu pencapaian milestone anak. Memberikan fasilitas di setiap tahapan perkembangan anak adalah tugas tiap orang tua. Jika anda merasa membeli mainan yang hanya akan dipakai selama satu atau paling lama tiga bulan adalah hal yang tidak efektif, anda bisa menyewa mainan tersebut. Karena sewa mainan bisa menjadi solusi bagi orang tua untuk memberikan fasilitas terbaik di tiap fase perkembangan si kecil.

 

 

 

Ditulis oleh Asih Nurfitri S.Psi

Penyedia jasa sewa mainan, stroller, peralatan bayi, dan playground untuk acara wedding, pesta ulang tahun, seminar, gathering dan lain-lain. Melayani wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi


 

Artikel Terkait

 

Komentar
Tidak ada komentar!
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Kirim
.