Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
Lihat Trolley dan Bayar
Lanjutkan Belanja
Kategori

Follow Us
  • Youtube_Pok Ame Ame
  • FB_Pok Ame Ame
  • IG_Pok Ame Ame

Kapan bayi Mulai bisa di ajak bermain?

Kemampuan pengelihatan dan pendengaran bayi baru lahir hingga usia 40 hari memang masih sangat terbatas. Bayi yang baru lahir juga belum bisa menggenggam, gerakan tangannya baru sebatas refleks menggenggam jika kita menempelkan jari kita ke permukaan telapak tangannya. Meski demikian bukan berarti bayi tidak memerlukan stimulasi apapun.

Perlu diingat bahwa bermain adalah cara utama bayi belajar bagaimana cara bergerak, berkomunikasi, bersosialisasi, dan memahami lingkungan mereka. Di bulan pertama kehidupan mereka , bayi akan belajar melalui interaksi yang ia lakukan dengan Anda, sebagai pengasuhnya. Pembelajaran bayi dimulai dengan mengasosiasikan nuansa sentuhan, suara, dan melihat wajah anda untuk mendapatkan kenyamanan.

Kontak mata.Sekitar usia sebulan, bayi mulai melihat ciri-ciri wajah, khususnya mata.  Kemampuannya untuk membuat dan mempertahankan kontak mata adalah tonggak penting perkembang komunikasi. Periode sadarnya lebih lama dan responnya lebih teratur. Dia mulai suka memandangi orang-orang di sekitarnya, terutama yang sedang bicara.

Senyuman. Sekitar usia 6 minggu, bayi Anda akan tersenyum untuk pertama kalinya. Senyuman balik Anda membuatnya lebih sering melemparkan senyumannya.  Senyum ini merupakan cikal bakal perkenalannya pada emosi. Walalupun mungkin dia baru akan membalas senyuman Anda di usia enam minggu, tidak ada salahnya Anda mulai menunjukan senyuman saat Anda berhadapan dengan muka si kecil. Misalnya saat memijat, berganti popok, ataupun pada saat menyusui. 

Memberikan bunyi-bunyian. Seiring kemampuan kontrol kepalanya yang kian berkembang, di usia 2 bulan bayi akan menggerakkan kepalanya  untuk mengikuti suara yang dikenalnya. Memberikan stimulus berupa bunyi-bunyian akan membantunya mengembangkan fokus di awal-awal masa kehidupannya.

Ingat, meskipun dia belum bisa banyak membalas respon Anda, bayi yang baru lahir juga bisa merasa bosan dan kesepian. Saat tidak ada orang yang berinteraksi dengannya ketika sedang terjaga, dia akan merasa ditinggalkan. Kondisi ini bisa membuat bayi merasa stres yang nantinya berpengaruh terhadap perkembangan otaknya.  Jadi, kapan si kecil bisa diajak bermain? Jawabannya adalah saat anda sudah bisa mulai memeluk, tersenyum dan berbicara dengannya! Karena saat itulah mereka mulai bisa merasakan dan membentuk pola kedekatan dengan Anda, sebagai pengasuhnya.

 

Ditulis oleh Asih Nurfitri S.Psi

Penyedia jasa sewa mainan, stroller, peralatan bayi, dan playground untuk acara wedding, pesta ulang tahun, seminar, gathering dan lain-lain. Melayani wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi


 

Artikel Terkait

    Diposkan: 2016-06-13 20:17:58 ; Dibaca: 597 kali
  • Hal-hal yang harus diperhatikan saat berpergian atau mudik bersama bayi
    Diposkan: 2016-05-25 10:34:02 ; Dibaca: 1040 kali
  • Penjelasan mengenai tantrum yang biasa dialami anak
    Diposkan: 2016-05-07 13:50:57 ; Dibaca: 770 kali
  • Temukan cara melatih konsentrasi anak berdasarkan usianya

 

Komentar
Tidak ada komentar!
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Kirim
.