Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
Lihat Trolley dan Bayar
Lanjutkan Belanja
Kategori

Follow Us
  • Youtube_Pok Ame Ame
  • FB_Pok Ame Ame
  • IG_Pok Ame Ame

Pentingnya Mengenalkan Musik Pada Anak Sejak Dini

Seni, termasuk di dalamnya seni musik, merupakan bahasa universal yang bisa dimengerti semua orang. Tidak peduli asal negara ataupun bahasa yang dipergunakan, musik terbukti bisa menyampaikan pesan lewat irama yang dikeluarkan. Bagi anak, musik juga bisa menjadi media yang mudah mereka pahami.

Sebagai mahluk yang haus untuk belajar, seorang anak memiliki tingkat keterbukaan yang sangat tinggi terhadap hal baru, termasuk soal musik. Mengenalkan mereka pada musik merupakan hal yang penting. Karena musik terbukti berperan penting dalam perkembangan manusia.

Musik dan Kemampuan Konsentrasi dan Kecerdasan Anak

Dengan mendengarkan musik, otak anak akan memberikan respon terhadap stimulus yang berasal dari alunan yang mereka tangkap. Para psikolog, ahli saraf dan ahli dalam perkembangan anak usia dini telah menunjukkan bahwa musik mampu membantu perkembangan sel-sel otak. Musik memberikan rangsangan pada otak untuk menghubungkan saraf-saraf di otak. Dan usia 1-5 tahun merupakan masa emas bagi perkembangan otak manusia.

Musik Melatik Kepekaan Anak

Musik juga mengasah kepekaan sensorik anak, seperti rasa, aroma, tekstur, warna, dan tentu saja bunyi. Lewat perbedaan tinggi-rendah nada, panjang-pendek tempo, dinamika suara serta melodi yang dihasilkan musik, anak mulai belajar mengenai pola. Inderanya mulai bisa membedakan adanya perbedaan dari tiap bunyi yang didengarnya. Unsur-unsur tersebut nantinya akan memengaruhi kemampuan seseorang mengontrol emosi, mengasah sensitivitas, dan membangkitkan apresiasi terhadap keindahan.

Musik dan Perkembangan Bahasa

Saat anak belajar bernyanyi anak dirangsang untuk mencari dan menebak kata-kata yang ia dengar untuk kemudian bisa dia keluarkan lewat nyanyian. Karena dia merasa sedang bernyanyi, anak tidak merasa terpaksa untuk mengingat dan menghafal kata. Di awal mungkin mereka akan menerima kata sebagai bunyi yang tidak memiliki arti, tapi lama kelamaan mereka akan mulai menemukan rangkaian cerita di dalam nyanyian dan bukan sekedar bunyi.

Musik dan Perkembangan Motorik

Ajak si kecil bergerak saat Anda menyanyikan lagu-lagu sederhana. Sambil menikmati musik, orang tua juga bisa mengajarkan anak gerakan badan sambil mendengarkan musik. Gerakan sederhana yang bisa diajarkan kepada anak misalnya melompat dan tepuk tangan. 

 

Ditulis oleh Asih Nurfitri S.Psi

Penyedia jasa sewa mainan, stroller, peralatan bayi, dan playground untuk acara wedding, pesta ulang tahun, seminar, gathering dan lain-lain. Melayani wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi


 

Artikel Terkait

    Diposkan: 2016-06-16 11:19:49 ; Dibaca: 1580 kali
  • Mengenali waktu bagi si kecil untuk belajar duduk serta stimulasi-stimulasi yang dapat diberikan untuk membantunya
    Diposkan: 2016-06-13 20:17:58 ; Dibaca: 603 kali
  • Hal-hal yang harus diperhatikan saat berpergian atau mudik bersama bayi
    Diposkan: 2016-05-25 10:34:02 ; Dibaca: 1056 kali
  • Penjelasan mengenai tantrum yang biasa dialami anak
    Diposkan: 2016-05-07 13:50:57 ; Dibaca: 787 kali
  • Temukan cara melatih konsentrasi anak berdasarkan usianya

 

Komentar
Tidak ada komentar!
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Kirim
.