Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
Lihat Trolley dan Bayar
Lanjutkan Belanja
Kategori

Follow Us
  • Youtube_Pok Ame Ame
  • FB_Pok Ame Ame
  • IG_Pok Ame Ame

Saatnya MPASI : Perlengkapan Wajib Menjelang MPASI

Food Maker Set

Biasanya merk yang paling direkomendasikan untuk jenis ini adalah Pigeon. Perlengkapan ini biasanya sudah dijual lengkap satu set yang terdiri dari parutan, perasan jeruk, kayu untuk menumbuk, saringan kawat, piring dan mangkok. Bentuknya sudah diatur untuk bisa dibawa secara praktis bila kita hendak berpergian. Food Saker set biasanya digunakan untuk MPASI awal dimana makanan si kecil masih seputar puree buah atau sayur.

 

Slow Cooker

Slow Cooker merupakan perlatan wajib saat si kecil menginjak usia 7 atau 8 bulan, dimana dia sudah mulai diperkenalkan dengan bubur saring. Untuk jenis ini, Takahi 0,7 lt merupakan favorit para orang tua. Karena ukurannya relatif pas untuk makan satu hari (2-3 kali makan).

Kenapa Slow Cooker? Pemakaian Slow Cooker ternyata terbukti mampu membantu kita para orang tua untuk mempertahankan kandungan nutrisi dan vitamin dalam makanan yang dimasak. Alat masak yang satu ini memang memasak menggunakan suhu rendah untuk mematangkan makanan. Karena itu, jangan heran jika memasak menggunakan alat ini akan memakan waktu yang jauh lebih lama dibanding memasak dengan kompor (sesuai dengan namanya “slow”). Inilah yang membuat banyak ibu-ibu memilih memasak dengan Slow Cooker saat malam. Cukup masukan semua beras, air, serta bahan lain yang diinginkan sebelum tidur, kemudian tarraaa, saat bangun makanan akan siap di pagi harinya.

Alasan lain kenapa memasak dengan alat ini adalah kematangan bahan makanan juga jadi lebih merata. Hebatnya lagi, walalupun butuh waktu lama Slow Cooker ini memakai tenaga listrik dengan daya  yang sangat rendah, jadi pemakaian listriknya benar-benar hemat.

Food Processor

Sebenarnya fungsi dari Food Processor sama seperti blender, yaitu menghaluskan. Namun, banyak testimoni yang mengatakan jika tekstur yang dihasilkan alat ini sedikit lebih kasar dibanding blender yang biasa digunakan untuk jus. Alasan lain kenapa Food Processor banyak dijadikan pilihan karena bentuknya yang kecil, sehingga lebih pas untuk porsi bayi dan ringkas untuk dibawa-bawa. Merk yang banyak jadi andalan para orang tua adalah Avent dan Wasabi.

Meal Set Standard 

Kenapa standard? Karena kali ini Meal Set yang saya maksud mirip-mirip dengan peralatan makan yang dibutuhkan pada saat orang dewasa makan, yaitu piring, mangkok, sendok dan garpu. Untuk sendok, sebaiknya disediakan tiga macam sendok : sendok yang soft (lembut) untuk diawal sehingga tidak sakit jika mengenai gusi bayi yang belum tumbuh gigi, sendok yang mulai keras, serta sendok yang lebih cekung untuk fase bubur nanti. Catatan penting yang juga harus jadi pertimbangan, pastikan peralatan yang anda pilih bpa free dan dapat dimasukkan ke dalam microwave!

Fresh Food Feeder

Nah, kenapa point sebelumnya saya katakan standard, karena mulai point ini kita akan kenalan dengan peralatan makan yang memang dikhususkan untuk masa MPASI, seperti Fresh Food Feeder ini. Alat ini merupakan perlengkapan makan bayi berupa feeder berjaring (mesh feeder) yang bisa diisi bagian dalamnya dengan berbagai makanan seperti buah potong segar, puree beku, ikan, dan atau daging. Adapun tujuan dari Fresh Food Feeder ini sendiri adalah, guna mengajari si kecil untuk makan sendiri (baby led weaning/BLW), tapi tetap menjaga resiko bayi dari tersedak oleh makanannya. Merk yang banyak direkomendasikan untuk alat ini adalah Munchkin.

Squirt

Squirt adalah sendok makan yang sengaja didesain untuk mempermudah Anda memberi saat memberikan makanan pada si kecil. Alat ini membuat anda tidak perlu repot membawa piring di tangan kiri dan sendok ditangan yang lain. Karena alat ini menggabungkan sendok dan wadah makanan ke dalam satu tempat. Sehingga kita cukup menekannya sedikit untuk mengeluarkan makanan. Untuk squirt, merk paling umum yang bisa kita temui dipasaran adalah Boon.

Soft bibs 

Fungsinya sih sama seperti celemek bayi yang lain, supaya baju bayi nggak kotor saat bayi makan atau minum. Ingat, karena ini memang pengalaman makan pertama mereka, maka kotor akan menjadi teman setia anda. Jadi, pilih material yang anti air. Lebih bagus lagi, pilih yang memiliki wadah penampung di ujung bawah slaber. Merk yang banyak dipakai adalah Baby Bjorn Soft Bibs.

High Chair/booster.

Last but not least! Ingat, posisi duduk adalah posisi terbaik saat makan, karena bisa mencegah bahaya tersedak. Selain juga, seperti dijelaskan di artikel sebelumnya, kita juga wajib mengenalkan kebiasaan makan yang baik pada anak sejak dini. Bila mereka sudah terbiasa makan sambil digendong ataupun bermain, maka mereka akan kehilangan esensi dari kegiatan makan. Untuk perlengkapan yang satu ini, karena harganya yang relatif mahal dan pemakaiannya yang relatif singkat, menyewa rasanya bisa mulai anda pertimbangkan smiley

 

 

Ditulis oleh Asih Nurfitri S.Psi

Penyedia jasa sewa mainan, stroller, peralatan bayi, dan playground untuk acara wedding, pesta ulang tahun, seminar, gathering dan lain-lain. Melayani wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi


 

Artikel Terkait

    Diposkan: 2016-05-07 13:50:57 ; Dibaca: 787 kali
  • Temukan cara melatih konsentrasi anak berdasarkan usianya

 

Komentar
Tidak ada komentar!
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Kirim
.