Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
Lihat Trolley dan Bayar
Lanjutkan Belanja
Kategori

Follow Us
  • Youtube_Pok Ame Ame
  • FB_Pok Ame Ame
  • IG_Pok Ame Ame

Yuk Main : 4 Alasan Kenapa Anak Susah di Ajak Tidur Saat Malam

Ada kalanya kita merasa frustasi karena si kecil tidak kunjung menyerah dan memejamkan mata mereka. Padahal, jarum jam sudah menunjukan pukul 9 malam. Tidur merupakan aktivitas yang tidak bisa diabaikan. Lewat aktivitas tidur kita seperti me”restart” otak kita sehingga bisa kembali prima dikeesokan harinya. Memahami beberapa alasan yang membuat mereka susah tertidur dan mencari solusinya adalah cara yang lebih baik dibanding marah-marah meminta mereka tidur.

 

Anak Belum Mengerti Perbedaan Siang dan Malam

Mengenalkan anak mengenai perbedaan malam dan siang adalah hal yang penting. Itulah pentingnya mengenalkan disiplin sejak dini pada anak. Disiplin yang dimaksud bukanlah soal baris berbaris ataupun dimarahi saat tidak bisa duduk dengan tenang saat makan. Anak kita bukanlah tentara.

Disiplin yang dimaksud adalah, mengenalkan jadwal dan urutan aktivitas dalam kesehariannya. Seperti setelah bangun, maka kita akan mandi terlebih dahulu baru bermain dan sarapan. Jadwal tidak harus kaku dan harus dilakukan berurutan setiap harinya,  sedikit fleksibilitas kadang dibutuhkan. Inti dari mengenalkan jadwal ini adalah untuk membentuk kebutuhan.

Saat dia terbiasa mandi, maka dia akan merasa gerah saat melewatkan waktu mandi. Begitupun soal makan dan tidur. Sehingga saat malam tiba dan dia merasa lelah, mereka akan secara otomatis mengajak kita ke kamar untuk tidur.

 

Ternyata dia Masih Lapar

Di masa golden age (balita), anak tumbuh dengan pesat, baik secara fisik, kognitif, dan psikologis. Walaupun orang dewasa terlihat lebih pintar daripada anak, percayalah bahwa kinerja otak mereka jauh lebih besar dibanding orang dewasa.

Anak-anak berkembang dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa. Otak mereka butuh glukosa dua kali lebih banyak daripada otak dewasa. Sehingga, jangan heran kalau mereka tidak bisa tidur karena lapar.

 

Menonton TV dan Bermain Gadget

Menonton TV ataupun bermain gadget ternyata merupakan aktivias yang justru merangsang anak untuk menjadi lebih aktif. Anjuran dari American Academy of Pediatrics tak lebih dari dua jam dalam sehari. Itu sudah termasuk bermain games di laptop, ponsel, serta komputer tablet

 

Melarang ataupun membuat anak sama sekali tidak mengenal gadget apalagi TV rasanya merupakan hal yang mustahil. Jangan lawan teknologi, jadikan dia teman yang membuat hidup kita lebih mudah dan bukan menyusahkan. Kegiatan diam di depan komputer tidak membuat energi mereka habis, justru sebaliknya.

 

Energi si Anak Belum Habis

Di usia prasekolah, anak mulai belajar menguasai lingkungan dan melakukan eksplorasi. Pada usia tersebut, anak-anak cenderung aktif bergerak, belajar menguasai tubuh mereka, belajar untuk membuat atau melakukan sesuatu dan menyelesaikannya dengan cara mereka. Tuhan memang menciptakan mereka energi yang besar bagi mereka untuk belajar!

Anak yang aktif bukanlah masalah, ketidaktersediaan fasilitas untuk menyalurkannya, itulah yang dinamakan masalah.Bila si kecil termasuk anak yang aktif, ada baiknya orangtua menyediakan kegiatan dan fasilitas bagi mereka. Bisa yang melibatkan motorik halus seperti bermain peran, ataupun motorik kasar seperti bermain perosotan, memanjat dan melompat.

 

Biarkan mereka menyalurkan energi ‘berlebih’ mereka pada kegiatan yang bersifat positif. Menyewa mainan seperti menyewa perosotan, ayunan, masak-masakan ataupun mobil-mobilan bisa menjadi solusi bagi para orang tua. Karena menyewa membuat anak memiliki variasi, namun tetap hemat secara ruang penyimpanan dan budget rumah tangga.

 

Ditulis oleh Asih Nurfitri S.Psi

Penyedia jasa sewa mainan, stroller, peralatan bayi, dan playground untuk acara wedding, pesta ulang tahun, seminar, gathering dan lain-lain. Melayani wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi


 

Artikel Terkait

 

Komentar
Tidak ada komentar!
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar Note: HTML tidak diterjemahkan!
Masukkan kata ke dalam box:
Kirim
.